Senin, 14 Mei 2012

KETERAMPILAN MENGARANG KARYA ILMIAH

Sebuah keterampilan belajar terakhir yang perlu dipahami dan dikuasai oleh setiap mahasiswa ialah keterampilan mengarang, khusunya karya ilmiah berupa skripsi, tesis, atau disertai untuk mengakhiri pendidikannya pada tingkat strata 1, strata2, atau setrata mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Karya ilmiah adalah suatu jenis karangan yang berdasarkan pernyataan dan buku khayalan dengan menerapkan berbagia ketentuan yang umumnya berlaku dalam dunia keilmuan seperti misalnya judul yang tepat (judul mencerminkan isi karangan dan isi karangan sesuan dengan judulnya), teratur, dan daftar bacaan yang menjadi sumber darai penulisan karangan.

Setiap karangan ilmiah mencakup 4 unsur pokok, yaitu:

1. Gagasan
2. Tuturan
3. Tatanan
4. Wahana

1. Gagasan
Setiap karangan berpangkal pada gagasan sesorang yang dituturkannya keluar dari pikiran dengan wahan berupa bahasa tulis setelah mengalami tatanan yang baik. Gagasan itu dapat berisi butir pengetahuan, keyakinan pendirian, atau saran harapan dari seseorang. Dengan demikian, langkah pertama untuk menulis karangan ialah menemukan dan menetapkan suatu gagasan tertentu yang akan duungkapkan menjadi karangan.

2. Tuturan
Ini adalah bentuk pengungkapkan untuk mewujudkan gagasan itu keluar dari pikiran seseorang. Bentuk pengungkapan itu yang tepat untuk karya ilmiah adalah pemaparan. Pemaparan adalah suatu bentuk aturan yang bermaksud memberikan penjelasan tentang sesuatu hal apapun.

3. Tatanan
Tatanan adalah pengaturan dan penyusunan terhadap gagasan karangan secara teratur dengan mengindahkan berbagai asas karangan-mengaran yang baik sehingga karangan itu dapat dipahami oleh pembaca dan gagasannya dimengerti secara tepat.

4. Wahana
Unsur gagasan dari karangan terungkap keluar dari pikiran pengarang malalui kata-kata. Dengan demikian, kata-kata merupan wahan yang mengangkut gagasan itu dari pengarang kepada pembaca. Setiap karangan ilmiah dalam penuturnya harus menggunakan ragam bahasa keilmuan. Ragam bahasa keilmuan adalah ragam bahasa baku dan resmi yang digunakan oleh para ilmuan untuk menyampaikan bidang pengetahuan atau keahliannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Editing by Nubito Hacker