Kamis, 03 Mei 2012

KETERAMPILAN MENGATUR DIRI

Keterampilan mengatur diri ini mungkin paling penting dan lebuh utama ketimbang segenap keterampilan yang telah diuraikan, karena ini menyangkut diri perorangan setiap mahasiswa dan mencerminkan seluruh kepribadiannya. Kepribadian orang adalah suatu segi yang terpenting dari sumber daya manusia. Kini telah diakui oleh semua pihak bahwa mutu sumber daya manusia merupakan hal yang terpenting dalam pembinaan suatu bangsa dan pembangunan negaranya. Kalau mutu sumberdaya manusia itu rendah, misalnya pribadinya cenderung nonproduktif (kata halus untuk “malas”) atau wataknya tidak mempunyai integritas (kata mentereng untuk “kejujuran”), maka segala usaha untuk pembangunan bangsa itu sia-sia.

Dengan demikian, setiap mahasiswa harus mengatur dan mengelola dirinya secara sebaik-baiknya. Segenap langkah dan tindakan mengatur dan mengelola diri itu termasuk pengertian manajemen diri. Betapa pentingnya manajemen diri ini tidak perlu dibicarakan alasan-alasan pembenaran yang panjang lebar. Bagai mana seseorang mahasiswa bisa menjdai serjana yang bermutu tinggi dan berbudi luhur kalau ia tidak dapat mendorong, mengatur, mengendalikan, dan mengembangkan semua sumber daya pribadinya untuk mencapai tujuan pendidikannya.

Manajemen diri berarti mendorong diri sendiri untuk mau mengatur semua unsur kemampuan pribadi, mengendalikan kemauan untuk mencapai hal-hal yang baik, dan mengembangkan berbagai segi dari kehidupan pribadi agar lebih sempurna. Oleh karena itu, manajemen diri bagi mahasiswa mencakup sekurang-kurangnya 4 bentuk perbuatan yaitu:
1. Pendorongan diri (self-motivation)
2. Penyusunan diri (self-organization)
3. Pengendalian diri (self-control)
4. Pengembangan diri (self-development)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Editing by Nubito Hacker