Kamis, 27 Desember 2012

PERKEMBANGAN FORTRAN



              FORTRAN singkatan dari FORmula TRANslator. Ada juga yang menyebutnya sebagai singkatan dari FORmula TRANslation atau FORmula TRANslating. FORTRAN merupakan suatu bahasa tingkat tinggi (High Level Language) atau bahasa yang berorientasi kesuatu masalah tertentu (Problem Oriented Language). Dari singkatannya dapat langsung ketahui bahwa FORTRAN berorientasi ke permasalahan rumus-rumus (formulas) atau berorientasi ke permasalahan teknik.
          
            FORTRAN merupakan bahasa tinggkat tinggi tertua dan yang pertama. Sebelum ada FORTRAN, bila seseorang akan memprogram komputer, maka harus menggunakan bahasa mesin ( Machine Language) yang merupakan bahasa tingkat rendah (Low Level Language) atau menggunakan bahasa perakit (Assemble Language). Karena bahasa mesin lebih dekat dengan operasi-operasi mesin, maka bahasa mesin relatip lebih sulit dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi yang lebih dekat dengan bahasa manusia sehari-hari. Oleh karena itu pada sekitar tahun 1950, John Backus, ahli di IBM mulai mengembangkan suatu bahasa tingkat tinggi, yang kemudian disebut dengan FORTRAN.
            
               Referensi pertama mengenai FORTRAN baru dikeluarkan dalam bentuk laporan pada tahun 1954 oleh Programming Research Group, suatu divisi teknik terapan (Applied Science Division) dari IBM. Dan baru tahun 1957 FORTRAN diterapkan pada computer IBM 704. Pada mulanya sulit bagi pihak IBM untuk memasarkan FORTRAN, karena suatu bahasa tingkat tinggi lebih lambat prosesnya dibandingkan dengan program yang ditulis dengan bahasa mesin atau bahasa perakit.

Nama: Asep Solehudin
NPM: 31111244
Kelas: 2DB09

0 komentar:

Posting Komentar

 
Editing by Nubito Hacker