Sabtu, 29 Desember 2012

PERKEMBANGAN PASCAL



           Pascal  adalah bahasa tingkat tinggi (High Level Language) yang orientasinya pada segala tujuan, di rancang oleh Profesor Niklus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama pascal diambila sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan philosophi terkenal abad 17 dari Prancis.
           
            Profesor Niklus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa pascal pertama kali ini komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan pemrograman yang terstruktur (Struchtured Programming). Jadi pascal adalah bahasa yang ditujukan untuk membuat program yang terstruktur.
          
             Dalam waktu yang singkat, Pascal telah menjadi bahasa yang populer dikalangan pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi. Beberapa professional komputer juga mulai beralih kebahasa pascal. Kenyataannya. Pascalal merupakan bahasa yang paling cepat populer dibanding dengan bahasa-bahasa komputer tingkat tinggi yang lainnya.
             
              Standard pascal adalah bahasa pascal yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklus Wirth. Penerapan nyata dari standar pascal banyak yang berbeda seperti apa yang telah didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklus Wirth. Standar pascal di Eropa didefinisikan oleh ISO (International Standards Organization) dan di Amerika oleh kerjasama antara ANSI (American National Standard Institute) denga IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers).     

Nama: Asep Solehudin
NPM: 31111244
Kelas: 2DB09

0 komentar:

Posting Komentar

 
Editing by Nubito Hacker