Senin, 30 April 2012

KETERAMPILAN MENGELOLA WAKTU

Kini akan di paparkan keterampilan yang menyangkut pengelolaan waktu. Ini merupakan suatu keterampilan yang yang tidak kalah pentingnya ketimbang semua keterampilan terdahulu. Bahkan ada ahli keterampilan belajar yang berpendapat bahwa keterampilan mengelola waktu dan mengguanakan waktu secara efisien merupakan hal yang terpenting dalam masa belajar maupun seluruh kehidupan seseorang mahasiswa.

Bagi setiap mahasiswa, keterampilan mengelola waktu khususnya untuk keperluan belajar harus dikembangkan, dimahirkan, dan diterapkan selama belajar di perguruan tinggi. Untuk itu ada 4 langkah yang perlu ditempuh, yaitu:

1. Memahami hal ihwal tentang waktu.
2. Melatih kebiasaan memanfaatkan waktu sekarang juga.
3. Mengatur pengguanaan waktu.
4. Melakukan pengelompokan dan penjatahan waktu untuk belajar.

Untuk mempunyai keterampilan mengelola waktu, pertama-tama seseorang mahasiswa perlu mengerti betul tentang apa yang akan dikelola itu, Utamanya pengertian waktu dan sifat dasarnya. Secara sederhana dapatlah dirumuskan pengertian waktu sebagai kesempatan langgeng yang tersedia dalam alam semesta untuk manusia berprestasi. Alam semesta menyediakan waktu secara terus menerus dan abadi untuk manusia melakukan apa saja dan mencapai sesuatu keberhasilan selama hayatnya.

Waktu senantiasa ada dan tersedia setiap saat bagi mahasiswa yang memerlukan untuk belajar. Waktu bukanlah semacam barang persediaan yang akan habis kalau di gunakan terus. Oleh karena itu, kalau dikalangan mahasiswa terdengar keluhan kehabisan waktu atau kekurangan waktu, hal itu adalah tidak benar.

Selanjutnya suatu sifat dasar lainnya dari waktu ialah bahwa waktu tidak pernah berhenti, melainkan terus-menerus berlalu di hadapan setiap orang. Dengan demikian, waktu tidak bisa ditabung atau disimpan untuk digunakan pada kesempatan lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Editing by Nubito Hacker