Minggu, 29 April 2012

KETERAMPILAN MENEMPUH UJIAN

Ujian merupakan suatu persyaratan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa untuk dapat meninggalkan pintu gerbang perguruan tingginya sebagai seorang sarjana yang sukses. Pada setiapa akhir semester dan tahun ajaran setiap mahasiswa harus berjuang untuk melewati palang ujian yang amat melelahkan jasmani maupun pikiran.

Tujuan dari ujian pada pokoknya ada 3 macam:

1. Mendorong agar mahasiswa belajar secara teratur, mengulangi bahan-bahan pelajarannya, dan menanamkan dalam pikirannya berbagai pengetahuan ilmiah yang dipelajari diperguran tinggi.

2. Mengukur dan menilai pengetahuan mahasiswa dan kemajuan belajarnya untuk menentukan apakah iad dapat melanjutkan belajar pada tingkat pendidikan/pengajaran yang lebih tinggi atau lulus dari perguruan tinggi kalau itu merupakan tingkat yang terakhir.

3. Menjadi petunjuk bagi pengajar dari hasil ujian para mahasiswa itu pokok-pokok soal mana dalam pelajarannya yang memerlukan perbaikan pada kesempatan mengajar berijutnya.

Sesuatu ujian sesungguhnya tidak semata-mata mengukur kemajuan akademuk dan tingkat pengetahuan mahasiswa saja, melainkan juga merupakan sarana untuk mengetahui kekokohan batinnya (apakah ia takut, gugup, dan kusut pikirannya ataukah sebaliknya, yaitu tabah tenang dan jernih pikirannya). Ujian juga meningkatkan disiplin pribadi mahasiswa secara mandiri dengan belajar secara teratur setiap hari. Melalui ujian-ujian dari waktu kewaktu seseorang mahasiswa juga dapat mengetahui kemampuannya dan kemajuan belajarnya sehingga kepercayaan dirinya dan keyakinan batinnya juga meningkat. Seseorang mahasiswa yang telah setiap harinya belajar secara teratur dan penuh perhatian akan memasuki ruang ujian dengan penuh percaya diri dan yakin lulus. Bagi mahasiswa yang demikian itu persoalannya bukan lulus atau tidak lulus, melainkan akan memperoleh nilai A atau B.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Editing by Nubito Hacker