Senin, 30 April 2012

KETERAMPILAN MENGHAFAL PELAJARAN

Setelah seorang mahasiswa membaca buku pelajaran, mengikuti kuliah, dan membuat catatan dari bahan bacaannya, langkah berikutnya yang sebaiknya segera dilakukan sejak awal tahun ajaran ialah menghafal dengan ingatannya butir-butir pokok soal dan pengetahuan yang penting-penting dari buku, kuliah, dan catatannya. Kegiatan menghafal itu perlu dilakukan sedini mungkin sehingga bahan pelajaran yang banyak dan selalu bertambah dari waktu ke waktu sempat diulang-ulang secara teratur dalam kamar belajar, diendapkan secara tenang dalam pikiran, dan diperhatikan secara kokoh dalam ingatan.
Ingatan bukanlah bagian dari tubuh manusia yang dapat dilihat dan dipegang seperti halnya hidung, jantung, lidah, mata, tangan atau telinga. Ingatan pada pokoknya adalah rekaman dalam otak manusia mengenai pengalaman masa yang lampau dan pengetahuan yang telah dipelajari baik secara disadari maupun tidak disadari. Menurut para ahli ilmu jiwa, ingatan hanyalah suatu pemujaradan dan mengacu pada sekiumpulan cirri, kegiatan, dan kemampuan tertentu yang dapat dilakukan oleh otak manusia.
Orang dapat mengingat sesuatu pengalaman yang telah terjadi atau sesuatu pengetahuan yang telah dipelajari pada waktu-waktu yang lalu. Pengalaman atau pengetahuan itu merupakan catatan dari perubahan faal dalam otak manusia yang dinamakan jejak ingatan atau jejak saraf. Sesuatu pengalaman yang terjadi atau pengetahuan yang dipelajari seseorang meninggalkan semacam jejak saraf dalam otaknya dan jejak itulah yang dikeluarkan kembali pada waktu ia mengingat pengalaman atau pengetahuan itu.
Para ahli ilmu jiwa dari hasil penelitian mereka telah dapat menemukan sejumlah asas yang akan meningkatkan kemampuan orang mengingat bahan pelajaran. Asas adalah suatu dalil umum yang dinyatakan dengan istilah-istilah pendek tanpa menyarankan cara-cara pelaksanaan terinci yang dapat diterapkan pada suatu rangkaian perbuatan untuk menjadi petunjuk yang tepat bagi perbuatan-perbuatan itu. Dalam hubungannya dengan ingatan asas kadang-kadang disebut juga kaidah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Editing by Nubito Hacker